Jumat, 28 Maret 2014

Ingat Yang Sama

Permainan ini familiar sekali di komputer-komputer sekitar tahun 2000an. Permianan ini adalah mengklik 2 kotak yang berisi gambar yang diharapkan sama. Jika ternyata gambar berbeda, maka kotak tertutup lagi, dan mencoba mencari gambar yang sama. Jadi pemain harus ingat letak gambar yang tadi  sudah dibuka.

Permainan ini juga bisa dijadikan media pembelajaran lho! Seperti apa? Yuk intip cara buatnya! :)

Bahan-Bahan
1 lembar kalender bekas yang belakangnnya putih polos
1 spidol hitam

Cara Membuat
  • potong kalender menjadi kotak-kotak kecil sama besar (10x10)
  • ambil 2 potong kertas lalu tulis dengan materi yang sifatnya arti kata atau hubungan (ex: marah--angry atau 9 agustus 1945--hiroshima di bom)

Cara Bermain
  •  susun potongan kalender secara terbalik (yang ada tulisannya ditutupi) secara acak
  • hompimpa atau suit untuk menentukan siapa pemain yang bermain duluan
  • pemain membuka 2 potongan kalender
  • jika jawaban sesuai (ex: marah--angry) maka poin 1 untuk si pemain, dan biarkan kertas tetap terbuka
  • jika jawaban salah (ex: marah--sad) maka kertas ditutup kembali dan lanjut ke pemain selanjutnya
  • begitu seturusnya sampai semua kertas dapat terbuka/ tertebak
Permainan ini cocok untuk materi hafalan yang sifatnya hubungan. Seperti vocabulary bahasa inggris, waktu dan peristiwa dalam sejarah, rumus pokok dan materi, definisi, dan lain sebagainya.

Selamat mencoba and happy fun ya! :)

2 komentar:

  1. ini bagus kayanya menarik untuk gunakan bermain pada anak smp. saya izin coba ya trims.

    BalasHapus